03 June 2012

12 Halaman About Us / Tentang Kami Yang Baik di Internet



Beberapa kali jalan-jalan di dunia maya, saya merasa "Sangat Susah Sekali" menemukan halaman About Us / About Me yang benar-benar bagus dan tepat sasaran. Pada umumnya, untuk sebagian besar website, baik website pribadi maupun corporate, halaman About Us / About Me / Tentang Kami merupakan halaman yang  "MEMBOSANKAN" dan sangat jarang dikunjungi orang.
Kebanyakan dari mereka membuat halaman About Us / About Me / Tentang Kami untuk "curhat", menceritakan tentang kebaikan diri sendiri, terlalu banyak pamer, berisi ratusan kata "Kami, Kita, Saya". Betul gag??

Dalam postingan kali ini, saya ingin menunjukkan contoh-contoh website dengan halaman About Us / About Me yang patut kita contoh, dan sedikit penjelasan kenapa mereka bisa saya anggap "Teladan".

Syarat Halaman About Me / About Us / Tentang Kami yang Baik:

Apa sih yang membuat halaman About Us / About Me / Tentang Kami menjadi menarik?
Tentunya permainan kata sangat berperan dalam hal ini,,  Dengan ini, kita bisa membuat orang menjadi tertarik dengan kita, walaupun misalnya kita menjual suatu produk di internet, dan produk kita adalah produk abal-abal sekalipun, tapi halaman About Us / About Me / Tentang Kami disini bisa mengelabuhinya.

-   TEPAT SASARAN

    Halaman About Us / About Me / Tentang Kami hendaknya tidak bertele-tele dan simpel, ingat bahwa halaman itu fungsi utamanya adalah hanya untuk menunjukkan dan menjelaskan SIAPA ANDA SEBENARNYA.

    -   MENYAJIKAN "HANYA" INFORMASI YANG PENGUNJUNG BUTUHKAN

      Misalkan, bila sebuah perusahaan ingin menjelaskan sejarah berdirinya perusahaan, jumlah staff, nama-nama pimpinan di sebuah halaman About Us / About Me / Tentang Kami, sebaiknya orang itu menerbitkan buku saja, hehehehe karena pastinya akan membuat pembaca cepat bosan.

      -   MEMBERIKAN BUKTI, TESTIMONIAL, DAN KEASLIAN

        Sebuah halaman  About Us / About Me / Tentang Kami hendaknya memberikan bukti otentik, bisa berupa testimonial pembaca, screenshot email, dan bukti-bukti lain agar gag terkesan omong kosong.

        Ok, langsung saja ke pokok masalah. Inilah 12 Halaman About Us / About Me / Tentang Kami yang patut diteladani ;)

        1.     COPYBLOGGER

         
        Coba anda perhatikan kalimat pembuka dalam About Us website ini
        "Want more traffic, links, subscribers, and a profit-generating website? Copyblogger gives you the solutions you need to succeed.”
          "Mau lebih banyak traffic, link, pelanggan, dan sebuah situs web yang menghasilkan keuntungan? Copyblogger memberikan solusi yang Anda butuhkan untuk berhasil. "

        Kenapa saya anggap baik? Dalam hal ini penulis web itu berusaha meyakinkan pengunjung dengan memberikan solusi pemecahan. Semakin kebawah, penulis web itu lebih memillih untuk memberikan bukti-bukti, daripada mengagung-agungkan dirinya.

        2.     PROBLOGGER

        Disini, pemilik situs PROBLOGGER menuangkan sejarah singkat perjalanannya dengan bahasa yang enak dibaca dan tidak membosankan, ditambah dengan foto santainya, sangat ampuh untuk menghilangkan kesan kaku dalam kalimat-kalimatnya.

        3.     TIM FERRISS

        Seorang motivator sukses ini menggunakan beberapa ungkapan-ungkapan yang dapat mempercantik kalimat di halaman about us-nya. Dalam hal ini, Tim Ferriss menyebutkan dirinya dengan Kata Ganti Orang Ke-3, kesan "membual" pun akhirnya sirna.

        4.     SEOMOZ

        Hal yang menarik dari halaman about us situs ini adalah, mereka memecah-mecah informasi yang akan mereka sajikan dengan sub judul yang unik, berupa pernyataan dan pertanyaan yang akan membuat pengunjung "penasaran" dan pasti akan meneruskan membacanya.

        5.     ANDREW REIFMAN

        Yang ini juga keren, pemilik website menuangkan kepribadiannya dengan gaya bahasa yang nyentrik dan unik serta tidak berbelit-belit dalam menyampaikan skill apa yang dia punya.

        6.     MAIL CHIMP

        About Us dalam website ini berisi tentang informasi website dan dikemas dengan humor, hal yang paling menarik dalam about us halaman ini adalah kalimat:
        "But enough about us—let’s talk about you................."
        "Tapi cukup tentang kita-mari kita bicara tentang Anda........."
         Walaupun kelihatannya sepele, tapi kalimat ringan itu dapat menunjukkan kalau kita sebetulnya perhatian terhadap pengunjung.

        7.     TUMBLR

         Tumblr berhasil memberikan fakta-fakta yang menarik di halaman abut us-nya, berisi tentang komentar pengguna dari berbagai kalangan, komentar dari produk internet yang juga besar seperti New York Times, dan Forbes, juga memberikan informasi grafik pertumbuhan dirinya.

        8.     ADIDAS

        Perusahaan sepatu ini mengemas halaman about dengan informasi perjalanan sejarah mereka, tetapi berupa gambar yang menarik. Hal ini sangat unik dan jarang ditemui. Kekurangannya adalah, kita akan sedikit kesulitan jika akan mencari informasi dengan cepat misalnya untuk pembuatan makalah, tugas akhir, dll.

        9.     TWITTER


        Twitter dengan cermat mampu membuat halaman ABOUT yang dapat menutupi kekurangan halaman HOME yang membosankan, hanya ada kalimat lurus dengan beberapa gambar di bagian kanan. Kebosanan itu akan sirna setelah kita membuka halaman about yang menyajikan informasi lengkap tentang tata cara penggunaan twitter.

        10.    NATIONAL GEOGRAPHIC

        Situs National Geographic adalah salah satu situs yang sangat kompleks, namun kita akan merasa terbantu setelah membuka halaman About us situs ini. Halamat about us memberikan informasi tentang tata cara penggunaan situs itu, bantuan yang sangat membatu bila kita akan mencari sebuah konten, kita akan langsung diarahkan ke konten yang kita cari.

        11.    GUMMISIG

        Web site seorang web designer yang hebat dengan mengandalkan typografi yang menarik, lihat saja text yang besar-besar di halaman tersebut. Besar tapi rapi dan tidak terkesan kampungan, tidak seperti halaman-halaman yang ada di situs-situs afiliate yang kesannya malah menjadi aneh. Wkwkkwkwkwkwk :p

        12.    BENTLEY MOTORS

        Halaman about us website bentley menggunakan kalimat yang seolah-olah menjadikan pengunjung merasa seperti sedang menikmati dan menjadi bagian dari pengalaman. Hal ini sangat efektif untuk menjadikan pengunjung agar tertarik.

        Demikian contoh-contoh halaman about us yang menurut saya "HEBAT" dan bisa menjadi contoh kita dalam membuat suatu website.
        Mudah-mudahan berguna,
        Amin 1500x


        --Aryo

        15 comments:

        cara install windows 7 on April 27, 2014 at 2:51 AM said...

        great!!!

        slamdebt.com on August 2, 2014 at 8:38 PM said...

        Keren. Thanks buddy

        sentramedis.blogspot.com on November 20, 2014 at 1:16 PM said...

        terimakasih referensinya gan,,

        ahmad fatoni on December 4, 2014 at 7:55 AM said...

        keren ...tolong berkunjung ke blog saya http://seputarlirikmp3.blogspot.com

        Puan Alienah on January 29, 2015 at 10:41 AM said...

        Terimakasih atas info yang sangat bagus.

        Anonymous said...

        Nice One..... Thanks

        Dennis Simon on July 25, 2015 at 7:59 PM said...
        This comment has been removed by a blog administrator.
        Anonymous said...

        Elo cuma mencontohkan web yg elo suka saja.. No 1 paling gak nyambung.. Pembaca dapat info apa td tulisan yg segede upil. Dikit banget

        Kabar Aneh on December 21, 2015 at 11:13 PM said...

        Masukkan yang bagus. Terima kasih

        Unknown on January 9, 2016 at 5:03 PM said...

        Thanks gan, referensi sangat membantu saya...
        Kunjungi blog saya gan http://wongkite87.blogspot.co.id/?m=0
        Dan beri komentar Anda demi kemajuan kita bersama

        tips health on January 28, 2016 at 2:17 PM said...

        mantap banget bos referensinya Made Your Glowing Skin Remedy

        Eroni Artikel on March 16, 2017 at 5:08 PM said...

        Keren gan.. boleh nih di coba

        Unknown on May 20, 2017 at 3:57 PM said...

        Terimakasih informasinya , bisa dijadikan sebagai sumber referensi gan

        Tazbhy on March 1, 2018 at 7:17 AM said...

        Keren

        Sky Villain on March 16, 2018 at 11:04 AM said...

        terimakasih gan tulisan nya...

        Post a Comment

         

        Aryo Widiantoko Graphic Design, Web Design, Production ©2012