04 June 2012

Review Beberapa Komunitas Online di Indonesia


Pada postingan kali ini, saya akan memberikan review singkat saya tentang beberapa komunitas online di Indonesia, yang tentunya hanya yang saya ikuti.
Kan gag lucu aja kalau saya gag ikut, tapi berani-beranian bikin review, hehehehe........
Semua komunitas online tentunya memiliki plus-minus masing-masing dan juga ciri khas yang melekat kuat pada anggotanya.

Sebelum lebih lanjut saya mengupas, ada bagusnya kalau saya menjelaskan dulu apa sih definisi komunitas online itu???
Menurut situs http://www.untukku.com, Istilah kata Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang. Wikipedia bahasa Indonesai menjelaskan Pengertian Komunitas sebagai sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

Soenarno (2002), Definisi Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.
Menurut Kertajaya Hermawan (2008), Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.


Maka bisa saya simpulkan bahwa KOMUNITAS ONLINE ADALAH SEBUAH KELOMPOK SOSIAL DARI BERBAGAI KALANGAN DAN LATAR BELAKANG YANG BERBEDA YANG SALING PEDULI SATU SAMA LAIN KARENA ADANYA KESAMAAN INTEREST DAN VALUES, DENGAN PERANTARA SUATU JARINGAN INTERNET.


Ok sekarang saat-nya saya mulai me-review,,,,,


1. KASKUS

Logo Kaskus

SEJARAH SINGKAT

Saya mulai dari KASKUS. Kaskus adalah suatu situs yang berbentuk FORUM dan merupakan forum internet terbesar di Indonesia. Diciptakan pada tanggal 6 November 1999 hingga saat ini Kaskus memiliki anggota 4.418.059 orang pada saat saya menulis artikel ini.
Update terbaru dari KASKUS, mereka merubah domain dari http://www.kaskus.us menjadi http://www.kaskus.co.id, sayangnya perubahan itu tidak disertai fasilitas redirect dari domain lama, hal ini tentunya menyulitkan pengguna yang sudah mem-bookmark atau yang telah terbiasa dengan domain lama.

CIRI KHAS

Anggota Komunitas Kaskus mendapat julukan "Kaskuser".
Ciri khas yang sangat menonjol dari komunitas ini adalah sebagian besar pengguna, memanggil pengguna lain dengan sebutan "GAN" atau kependekan dari JURAGAN, Dengan panggilan tersebut, Kaskuser mendapatkan persamaan derajat, karena logikanya, tentu saja kalo semua dipanggil GAN, maka otomatis semua KASKUSER adalah JURAGAN.
Kopdar Kaskus
Komunitas Online Kaskus terbagi-bagi dalam setiap thread, biasanya mereka mengadakan KOPDAR (Kopi Darat) atau Gathering menurut thread yang sering diikutinya. Misalnya Supranatural, Regional (menurut lokasi masing-masing), Komputer, Games, dll.

PLUS MINUS

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari forum Kaskus ini,  info-info menarik ter-update bisa kita temukan disitu sesuai dengan minat kita, saking up-to-date nya, bahkan saya berani bilang kalo kaskus adalah kiblat forum-forum Indonesia. Banyak postingan dari pengguna Kaskus yang diadopsi oleh pengguna forum lain.
Forum jual beli di kaskus juga banyak penggunanya, hampir semua produk dan jasa bisa kita temukan dengan mudah.
Meskipun demikian, bukan berarti kaskus gag ada minusnya loh, saya tahu bahwa kaskus banyak penggunanya. Wajar saja kalo kaskus sering "Over Posting" dimana dalam kondisi tersebut, kita tidak akan bisa mengakses kaskus untuk sementara waktu. Selain itu, banyak kasus penipuan yang terjadi di forum jual beli yang mengakibatkan menurunnya kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi secara online, padahal kan prospek jual-beli online sebenarnya sangat bagus.....

2. MIG33

Logo Mig33

SEJARAH SINGKAT

Mig33 dirilis pada bulan Desember 2005 sebagai komunitas Internet mobile pertama dan telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Dengan berjuta-juta pelangan di lebih dari 200 negara, pelayanan ini telah menguasai dunia secepat kilat, menyebar berkat rekomendasi dari para usernya. Hingga saat artikel ini diterbitkan, user mig33 mencapai 30 juta orang di dunia, dan sebagian besar penggunanya adalah INDONESIA.
Konsep awal Mig33 sebenarnya adalah untuk aplikasi chatting mobile platform namun semakin berkembangnya teknologi dunia maya, Mig33 melebarkan sayapnya. Mig33 menciptakan game online, pertukaran virtual gift, sistem virtual monetary, dan yang terbaru adalah mini blog, sebuah jejaring sosial ala Mig33.

CIRI KHAS

Anggota Komunitas Mig33 terbagi-bagi dalam setiap Chat Room. Mereka saling berinteraksi sesama anggota room-nya masing-masing. Biasanya user Mig33 mengadakan KOPDAR rutin dengan rentang waktu yang mereka tentukan.

Sesuatu yang khas melekat pada user Mig33 adalah, penggunaan kata-kata umum yang disingkat-singkat, (mengingat konsep awal Mig33 adalah untuk platform mobile device) misalnya kata ASKUM yang berasal dari kata Asalamu Alaikum dan kata LEP yang berasal dari kata Left / Keluar dari Chat Room.
Berikut adalah foto-foto Kodar Mig33:
Kopdar Mig33
Kopdar Nasional Mig33 2012 @Senayan
Kopdar Mig33 Jakarta Abstrak
Kopdar Nasional Mig33 2011 @Bekasi Square
Logo Mig33 Jakarta Abstrak
Logo Komunitas Mig33 - Jakarta Abstrak

 

PLUS MINUS

Untuk tujuan menghilangkan kejenuhan, Mig33 adalah salah satu alternatif yang sangat baik. Selain itu, mencari teman dengan mudah dapat kita lakukan di Mig33 hanya dengan memasuki Chat Room dengan karakter orang yang berbeda-beda disana.
Minusnya Mig33 adalah, tidak ada keterbatasan konten yang membuat penyebaran hal negatif dapat dilakukan di Mig33, mengingat Mig33 adalah aplikasi chat segala usia yang mana semua usia dapat menggunakan aplikasi ini tentunya hal ini sangat riskan untuk pengguna dengan usia dini.
Selain itu, banyaknya pengguna yang melakukan spamming, abusing, flooding, yang membuat jenuh dan juga otomatis memakan bandwidth yang banyak.



::BERSAMBUNG::



6 comments:

asian brilliant on April 22, 2014 at 1:20 PM said...

apakah anda orangtua yang sayang anak? ingin anak anda pintar, displin, cerdas dan sholeh? kunjungi aja les private di <a
href="http://www.smartsukses.com" title="smart sukses'> www.smartsukses.com </a> atau <a href="http://www.smartsukses.com"
title="smart sukses'> smart sukses </a>, <a href="http://www.smartsukses.com" title="smart sukses'> les privat </a>, <a
href="http://www.smartsukses.com" title="smart sukses'> guru datang ke rumah </a>

Anonymous said...

coba ne.. chatnesia.com

les privat on April 25, 2015 at 1:17 AM said...

mantab infonya .. sukses selalu deh

Unknown on April 28, 2016 at 9:43 AM said...

toms shoes
coach outlet store online
ugg outlet
hollister kids
michael kors outlet
true religion outlet
gucci outlet
true religion
kate spade
cheap oakley sunglasses
louis vuitton handbags
cheap jerseys
air jordan retro
nike air max
cheap jordans
michael kors handbags
tods outlet
cheap oakleys
kobe shoes 11
coach outlet store online
christian louboutin
gucci outlet
hollister clothing
ray ban sunglasses
ray ban sunglasses
ray ban sunglasses
nike free run
coach outlet
toms shoes
marc jacobs
oakley sunglasses
oakley sunglasses wholesale
coach factory outlet
nfl jerseys wholesale
nike air max
nike roshe run
replica watches for sale
kevin durant shoes
louis vuitton outlet
michael kors purses
20164.28wengdongdong

tasi on June 7, 2022 at 2:25 PM said...

cliquez ici maintenant https://www.dolabuy.su son explication dolabuy.su naviguer autour de ce site Web réplique gucci

Anonymous said...

palm angels outlet
jordan outlet
goyard
jordan outlet
golden goose outlet
hermes handbags
curry shoes
bape clothing
cheap jordans
golden goose outlet

Post a Comment

 

Aryo Widiantoko Graphic Design, Web Design, Production ©2012