20 July 2012

Awal Puasa Ramadhan 2012 / 1433H Jatuh Pada 21 Juli 2012


Entah dapat kabar dari mana, saya meyakini saja kalau 1 Ramadhan tahun ini akan jatuh pada hari Jum'at, 20 Juli 2012. Tapi sore tadi teman-teman saya pada heboh tentang awal puasa. Setelah lumayan bingung dengan pertanyaan yang ada di kepala "Kapankah sebenarnya awal puasa ramadhan tahun ini???"
Pemerintah akhirnya memutuskan 1 Ramadan 1433 H jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Keputusan itu disampaikan oleh Menteri Agama Suryadarma Ali. Itu juga sudah malam, sekitar jam 20.00 WIB.
"Dengan ucapkan Bismillaahirrohmaanirohiim kami tetapkan 1 Ramadan 1433 jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012,"



Peristiwa tentang penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal yang simpang siur bukan hanya terjadi di tahun ini, hampir setiap tahunnya kita sebagai masyarakat selalu dibikin bingung oleh penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal.
Saya tidak tahu persis, faktor apa yang mempengaruhi hal ini. Apakah peristiwa informasi tentang 1 Ramadhan dan 1 Syawal juga terjadi di negara lain? saya juga tidak tahu pasti.

Tadi sore-pun Bos tempat saya bekerja pun ikutan tanya tentang awal puasa tahun ini, Berrrrrrrrrikut liputannya!! (Jeremy Teti style)

Bos: Ikut puasa kapan yo?
Saya: Gag tau tuh pak, pengumumannya belum turun deh,???
Bos: Yasudah, kita mah ikut pemerintah aja, ga perlu takut dosa karna kalau ada kesalahan juga pasti  ditanggung sama pemerintah kok. Memang kaya gitu salah satu tanggung jawabnya pemerintah...
Saya: Oooooh kaya gitu ya pak???
Bos: Loh, iya.... Emangnya jadi pemimpin itu gampang?? Berat Yo,,, Salah satunya ya kaya gini.
Saya: Ok deh pak, yang sebelum-sebelumnya juga kita kan ikut pemerintah, hehehehe....

Dari situ saya menangkap, hampir semua rakyat Indonesia untuk urusan penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal memang sangat bergantung kepada pemerintah.
Mudah-mudahan saja pemerintah kita tidak salah dalam menentukan 1 Ramadhan dan 1 Syawal, (kalau sampai salah kan kasihan, disuruh nanggung dosa kesalahan puasa orang se-Indonesia). Dan untuk kedepannya, kita semua pasti berharap agar penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal bisa lebih serempak.

Yang bikin saya nyengir sendiri dari kejadian penentuan 1 Ramadhan tahun ini adalah tentang postingan saya yang berjudul "Jadwal Imsakiyah 2012 M / 1433 H Vector". Didalam postingan itu, 3 kali saya mengupdate link download dan picture-nya mengikuti kabar yang saya dengar :D

Yang paling penting dari semuanya adalah, bagaimana niat dan perilaku kita di bulan yang suci ini, mau simpang siur seperti apapun, bahkan ibaratnya mau selisih 2 minggu penentuan 1 Ramadhan-pun, kalau niat kita tulus dan didasari oleh iman, pasti ibadah kita akan diterima olehNYA :)
WaLLAHUalam bisawab...........


--Aryo


 

Aryo Widiantoko Graphic Design, Web Design, Production ©2012