14 July 2012

Amankan Akun Google Anda dengan Verifikasi 2 Langkah


Google mempunyai produk-produk internet yang sangat populer dan diminati oleh pengguna internet di seluruh dunia, seperti Gmail, Blogger, Google+, Webmaster, Analytics, Youtube dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk kepraktisannya, dari semua produk Google, kita hanya membutuhkan 1 Account Google global untuk mengakses kesemuanya.


Tetapi dibalik kepraktisannya, ada bahaya yang mengancam seluruh akun Google itu. Bayangkan bila password Google kita tanpa sengaja ataupun sengaja jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggug jawab???
Bisa runyam kan urusan.... Terutama untuk Gmail, Gmail menyimpan segala informasi dari sekedar surat cinta sampai informasi pendaftaran jejaring sosial yang sifatnya sangat privat seperti Facebook, Twitter, dll, juga berbagai layanan internet lainnya yang berhubungan dengan uang.

Salah satu metode yang sering digunakan oleh pengguna Google adalah metode "Pertanyaan Rahasia". Dengan mengisi Pertanyaan Rahasia apakah Anda sudah merasa yakin kalau itu aman? Bayangkan sekali lagi kalau orang yang berusaha mendapatkan password Anda itu adalah orang terdekat Anda, mereka pasti akan sangat mudah mengetahui jawaban atas Pertanyaan Rahasia yang Anda aplikasikan ke akun Google anda.

Baru-baru ini, saya menemukan kalau Google menerapkan metode keamanan yaitu "Verifikasi 2 langkah" (Mirip sama lagunya Liceu Wong tuh, Pacar Lima Langkah, hehehehe). Verifikasi 2 langkah ini menurut saya sangat efektif dan benar-benar mengamankan Password Google Anda dari pencurian password, karena metode Verifikasi 2 langkah selain mengamankan password dari Komputer, Verifikasi 2 langkah juga mengasosiasi-kan Hand Phone anda untuk keperluan mengamankan password. Ketika orang yang tidak bertanggung jawab telah mendapatkan password kita, mereka tidak akan bisa untuk login karena mereka tidak punya kode PIN yang hanya bisa dihasilkan oleh Hand Phone kita.

Bila Anda peduli dengan akun Google Anda, silahkan terapkan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka halaman https://www.google.com/settings/security dan lakukan Login jika anda belum login.
  2. Bila anda belum mengaktifkan metode Verifikasi 2 Langkah, maka statusnya akan "OFF"  
  3. Klik EDIT pada Verifikasi 2 Langkah, lalu di halaman baru yang muncul, klik MULAI PENYIAPAN.
  4.  Isikan nomor Hand Phone anda di kolom Nomer Telepon  
  5. Pastikan Checklist berada di posisi Pesan teks (SMS), lalu klik KIRIM KODE.
  6. Tunggu sebentar, Anda akan mendapatkan kode verifikasi dari Google yang dikirimkan lewat SMS
  7. Isikan kode yang kita dapatkan melalui SMS pada kolom verifikasi, lalu klik VERIFIKASI  
  8. Hampir selesai, akan ada halaman baru yang akan menanyakan "Percayai Komputer ini?", Bila Anda menggunakan Laptop atau Komputer pribadi, checklist pada "Percayai Komputer Ini" tapi jika Anda menggunakan Warnet atau Komputer milik teman, sebaiknya jangan di-checklist!!! 
  9. Kita mencapai halaman terakhir dalam proses ini, jika Anda rasa telah sesuai, silahkan klik KONFIRMASI.
Selesai, kini Anda akan lebih percaya diri dalam berinternet karena dengan Metode Verifikasi 2 langkah, akun Google Anda akan aman.

--Aryo

1 comments:

Muhammad Jumani on September 2, 2012 at 11:15 AM said...

Sip, setuju.. oh ya saran aja nih kalau bikin pertanyaan rahasia jangan sulit2 yah wakakak

sering kali yang punya akun sendiri lupa pasword maupun pertanyaan rahasia, biasanya ini buat pengguna yang online tidak terlalu sering karena kesibukan atau faktor lain,,,

Post a Comment

 

Aryo Widiantoko Graphic Design, Web Design, Production ©2012