28 May 2012

Pengalaman Chat di Mig33




Dari ribuan aplikasi chatting yang ada di dunia maya, ada salah satu aplikasi chat yang sangat menarik perhatian saya. Namanya Mig33.

Mig33 sebenarnya dikhususkan untuk Mobile Phone, tapi gag menutup kemungkinan kita online via PC, langsung dari Web Mig33 atau dari aplikasi pihak ke-3 yang dibuat oleh user-user Mig33 juga. Karena pihak Mig33 secara resmi tidak membuat aplikasi untuk PC.

Sejak tahun 2007 sampai saat ini saya berinteraksi dengan sesama pengguna Mig33 di dunia, gag tau kenapa :D tapi berat banget buat ninggalin tuh aplikasi chatting.

Kenapa disini saya tulis kata "ninggalin"??
Ok, buat sesama pecandu Mig33 pasti udah pada tau deh gimana rasanya kalo udah kecanduan :p
Tapi buat yang belum tau, saya akan kasih tau juga ;)

Mig33 bikin "Autis"

Definisi Autis:
Autisme berasal dari kata “autos” yang berarti segala sesuatu yang mengarah pada diri sendiri. Dalam kamus psikologi umum (1982), autisme berarti preokupasi terhadap pikiran dan khayalan sendiri atau dengan kata lain lebih banyak berorientasi kepada pikiran subyektifnya sendiri dari pada melihat kenyataan atau realita kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penderita autisme sering disebut orang yang hidup di “alamnya” sendiri
Autisme atau autisme infantil ( Early Infantile Autism) pertama kali dikemukakan oleh Dr. Leo Kanner 1943 ( dalam Budiman, 1998) seorang psikiatris Amerika. Istilah autisme dipergunakan untuk menunjukkan suatu gejala psikosis pada anak-anak yang unik dan menonjol yang sering disebut Sindrom Kanner. Ciri yang menonjol pada sindrom Kanner antara lain ekspresi wajah yang kosong seolaholah sedang melamun, kehilangan pikiran dan sulit sekali bagi orang lain untuk menarik perhatian mereka atau mengajak mereka berkomunikasi.

Serem gag tuh?? Tapi emang kaya gitu efeknya kalau udah kecanduan Mig33, yang saya perhatiin selama ini sih, Autisnya pecandu BBM masih belom ada apa-apanya dibandingkan Autisnya pecandu Mig33 :D

Mig33 bisa bikin "Anti Social"
Suatu hari saya pindah kerja, otomatis saya memiliki lingkungan baru dong, teman baru, teman dan tempat tinggal baru (karena saya salah satu nomadden di Ibu Kota). Hari pertama kerja, saya merasa tidak kesulitan dengan pekerjaan baru saya, tapi untuk masalah sosialisasi, saya benar-benar merasa kesulitan!!! Bayangkan saja mas bro, saya baru benar-benar menghafal semua nama teman kerja saya, yang sebenarnya tidak terlalu banyak, membutuhkan waktu 1 BULAN!!! 
Hal ini menurut saya sangat tidak wajar karena "orang normal" hanya membutuhkan hitungan hari untuk mengenal teman kerja-nya :D :D, karna apa? ya karna setiap ada waktu senggang, selalu saya gunakan untuk chatting Mig33, tiap selesai makan siang, tiap gag ada kerjaan, tiap pulang kerja, hehehe :p


Penularan hal negatif dari user lain
Namanya ber-interaksi, pasti ada salah satu atau beberapa hal positif atau negatif yang ditransfer. Begitu juga dengan Mig33, kita ngobrol di suatu Chat Room, kenal dengan beberapa orang dari background yang beraneka ragam. Sudah hukum alam kalau hal negatif lebih mudah dicerna daripada hal positif.


Tapi sebetulnya semua itu tetap masih bisa kita minimalisir kok, gimana cara kita menyaring segala informasi yang masuk ke diri kita aja, dan pastinya kita harus bisa mengendalikan diri.




--Aryo


 

Aryo Widiantoko Graphic Design, Web Design, Production ©2012